Get a free hosting or choose from the Best Web Hosting service
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
*** Selamat Datang Di Website SMP Negeri 5 Batusangkar ***           *** Sekolah Dengan Program Layanan Keunggulan ***
Kepala Sekolah

  Drs._Jalinus

Kepala Sekolah Periode 2017 s/d Sekarang

Drs. JALINUS

drs. hadmadi ok

Kepala Sekolah Periode 2015 s/d 2017

Drs. HADMADI SUCIPTA, M.Pd

Kepala Sekolah Periode 2007s/d 2015

Drs. ASRUL

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday27
mod_vvisit_counterYesterday70
mod_vvisit_counterThis week396
mod_vvisit_counterLast week574
mod_vvisit_counterThis month4633
mod_vvisit_counterLast month2936
mod_vvisit_counterAll days1788079

We have: 27 guests online
Your IP: 54.144.14.134
 , 
Today: Apr 26, 2018
KEJUARAAN SEPAK BOLA PELAJAR 2013


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module
Kegiatan di Labschool Kebayoran Jakarta


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module
Story Telling "Batu Tangkuluk


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

MENJALIN KOLABORASI DI SEKOLAH

MENJALIN KOLABORASI DI SEKOLAH

                                                                YUSRIJAL DT. MAKHUDUN                                                                      (GURU SMPN 5 BATUSANGKAR)

       Sebatang lidi terombang-ambing oleh angin. Dia tercampak ke sana kemari, berpindah,  terhempas, dan tak berdaya apa-apa.  Untunglah pembuat sapu berbaik hati. Dengan kebaikan hatinya, sang lidi dibawa pulang, lalu dibersihkan. Pembuat sapu mempertemukan  lidi dari berbagai asal. Lidi-lidi tidak lagi mengedepankan personal, tetapi mengedepankan kolektivitas. Lidi-lidi itu tidak lagi menonjolkan asal mereka, baik dari kelapa gading, atau kelapa hibrida. Lidi-lidi itu tidak mempersoalkan apakah berasal dari kelapa yang rendah atau tinggi, dari kelapa yang masih muda atau kelapa yang sudah tua. Pembuat sapu mengikat, menyatukan lidi-lidi itu sehingga muncul sebuah sapu yang kuat.

     Sekarang lidi telah berubah. Lidi bukan lagi sosok yang lemah, melainkan sosok yang kuat.. Kebersamaan dan persatuan yang terbentuk,  membuat mereka  jadi kuat. Dengan penampilan  barunya, lidi-lidi mampu berbuat lebih banyak. Lidi-lidi  bersatu mampu membersihkan jalanan dan halaman dari sampah.

        Sapu juga memiliki sistem walaupun sangat sederhana. Sapu terdiri dari ratusan lidi, sebuah tangkai, dan sebuah tali pengikat, yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi menuju ke satu tujuan yang mulia. Setiap komponen berusaha bekerja sesuai dengan fungsinya.  Masing-masing komponen tidak merasa yang paling berjasa, tetapi selalu berperan sebaik mungkin.

       Sekolah merupakan sebuah sistem yang  memiliki berbagai komponen dan  saling membutuhkan. Komponen itu adalah kepala sekolah, guru, tenaga tata usaha, komite sekolah, dan siswa. Komponen tersebut perlu membangun kolaborasi. Kolaborasi  yang mereka ciptakan merupakan kekuatan yang dahsyat untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Kolaborasi tersebut merupakan harapan bagi peserta didik bagi peningkatan pelayanan pendidikan.

      Masing-masing komponen tidak merasa hebat sendiri. Bila masing-masing merasa hebat, akan muncullah jurang pemisah di antara mereka. Akibatnya, mereka akan berjalan sendiri-sendiri.  Lebih baik kehebatan yang mereka miliki, disatukan untuk melaksanakan kegiatan di sekolah. Tidak ada jurang pemisah antara senior dengan yunior. Senior dan yunior bukanlah pilihan, tetapi merupakan suatu realitas. Para senior kaya dengan pengalaman karena telah mengabdi betahun-tahun. Sementara itu, yunior memiliki pengetahuan yang masih segar dan hangat, serta pengetahuan yang mutakhir. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan yang tidak perlu dipertentangkan. Yang lebih penting adalah bagaimana yang senior bersinergis dengan yang yunior dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik.

       Komunikasi sangat penting menjalin kolaborasi. Dengan komunikasi yang efektif, masing-masing dapat memahami satu sama lain. Masing-masing akan dapat memahami kompetensi dan kelebihan temannya. Komunikasi yang baik menyebabkan seseorang memiliki sikap positif dan berpikir positif terhadap orang lain. Seseorang akan mampu mengambil hal positif dan kelebihan orang lain sebagai masukan yang berharga bagi pengembangan dan peningkatan kompetensinya.

       Dalam era globalisasi, kerja sama merupakan suatu hal yang sangat penting. Kesuksesan seseorang banyak ditentukan oleh bagaimana seseorang mampu bekerjasama dengan orang lain. Bekerja sendiri-sendiri merupakan hal yang sudah harus ditinggalkan. Karena itu, seseorang hendaklah mampu bekerja sama dengan orang lain. Dengan bekerja sama seseorang akan memiliki motivasi dan kekuatan baru sehingga tujuan yang diinginkan akan tercapai dengan mulus.

      Keterbukaan perlu ditumbuhkan apa lagi dalam menyelenggarakan pendidikan. Para personil  hendaklah mau membuka diri terhadap paradigma baru tentang pendidikan dan pembelajaran. Jangan merasa puas dengan apa yang diperoleh di masa kuliah dulu karena pengetahuan bersifat dinamis.  Karena itu, perlu adanya kemauan untuk meng-update pengetahuan baru sehingga  mampu mengikuti  dinamika pengetahuan yang sedang berlangsung.

         Setiap personil  memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Kelebihan dan kelemahan yang dimiliki  perlu disikapi dan direspon secara proporsional.  Kelemahan seorang akan dapat diatasi  dengan banyak membaca, selalu meningkatkan kompetensi, dan  mau berbagi dengan orang lain.   Selain itu, dengan melakukan kolaborasi dengan teman sejawat, kelemahan akan berubah menjadi kekuatan.

       Kelebihan yang dimiliki seorang merupakan hal harus disyukuri. Kelebihan tersebut janganlah  membuat seseorang menjadi angkuh. Kelebihan tersebut akan lebih bermanfaat bila ditransfer kepada orang  lain. Semakin dibagikan kompetensi yang kita miliki, akan terasa lebih mantap. Karena ilmu yang diberikan kepada orang lain tidak akan berkurang, tetapi akan bertambah.

          Perubahan mind set personil sekolah  untuk berkolaborasi  memberikan makna dan manfaat yang luar biasa bagi peningkatan hasil pendidikan dan pembelajaran. Kolaborasi yang ditumbuhkan di sekolah  akan lebih mantap dan lebih berarti bila dibarengi dengan koordinasi yang dimotori oleh pimpinan sekolah. Dengan kolaborasi yang mantap, akan muncul kebersamaan dan menghilangkan gap antarpersonil di sekolah. Dengan demikian, personil sekolah  akan mampu bersinergi dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Semoga!


Last Updated (Wednesday, 16 September 2015 02:10)

 
Info Terbaru
JUARA UMUM DI SMP N BANUHAMPU

Sabtu,03/03/18 SMP N 1 Banuhampu Bukittinggi menyelenggarakan even yang bernama “SPENSABA TALENT CONTES 2018” lomba Mata pelajaran Matematika, IPA, IPS,Lagu Minang dan Storry Telling Tingkat SMP Se-Sumbar. Dari 52 orang siswa SMP 5 Batusangkar 17 orang masuk babak final, 7 orang cabang IPA, 7 orang Cabang Matematika dan 3 orang cabang IPS dengan guru pendamping Erismen Umar, S.Pd, Lofmifo Yusmirna, S.Pd, Harningsih, S.Pd dan Yessy Amelia, Amd.

Alhamdulillah juara umum berhasil di raih oleh SMP 5 Batusangkar, dengan rincian juara sebagai berikut:

Matematika: Juara 1 Kevin Monica Sandi, Juara 2 Aisyah Yulia Putri dan Harapan 2 Rafki Harzikra

IPA : Juara 1 Ummul Hakimi, Juara 2 Faccrurrazi, dan Harapan 1 Hafiz Reyhan Abdi

IPS Juara 1 Faturrahman navis, Juara 2 Ridwan Efendi dan Storryu Telling Juara 1 Nurul Fatimah Yusri.

Pada hari yang bersamaan SMP IT Raudatul Jannah Payakumbuh juga menyelenggarakan Lomba Bidang Studi UN Tingkat SMP/MTs Se-Sumatera Barat dan Pertandingan Voly Putra dan Putri  antar pelajar SMP/MTs se-Kota Payakumbuh dan Kab. Lima Puluh Kota.

Dengan di dampingi oleh Meshendrizal, S.Pd Siswa SMP 5 Batusangkar dikirim sebanyak orang dan berhasil meraih Juara 3 atas nama Farrah Arafah Afsa dan Harapan 2 Rihhadatul Aisy Nadhilah.

 

 

Kompetisi Sain’s Cerdas Cermat Tahfizh dan Lomba Futsal di MAN 2 Batusangkar

Matematika juara 1 dan juara 2 atas nama Aisyah dan Rafki, IPA Juara 2 Fathiyah Arafa Afsa dan IPS Juara 3 Yudha

Tim Futsal SMP 5 Batusangkar juga tidak mau ketinggalan menunjukkan kebolehannya mengikuti ajang yang diselenggarakan oleh MAN 2 Batusangkar.

BATIK BIRRU

Juara 2 Cabang Matematika Farrah, dan Harapan 1 cabang IPS Faturrahman, lomba Poster PA Juara 2 M. Aqib dan Tahfizh PI Juara 1 Fathiyah Arafa Afsa

JUARA UMUM THE SPENDASEF (SMP N 2 SCIENCE AND ENGLISH FESTIVAL)

Minggu, 25/02/18 Trophy bergilir kembali diraih oleh tim SMP 5 Batusangkar pada Lomba Mata Pelajaran Bidang Studi Matematika, IPA, IPS, Tahfizh dan Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Kota Solok. Pesrta yang dikirim sebanyak 21 0rang. Dan masuk babak final sebanyak 15 orang untuk ke empat mata pelajaran, dan dari babak final tersebut berhasil mengumpulkan point tertinggi dengan rincian juara sebagai berikut: Cabang Matematika Juara I Kevin Monica Sandi, juara 2 Aisyah, harapan 1 Rafki,Cabang IPA Juara 1 Afif Reyhan Abdi, Juara 2 Ummul Hakimidan Harapan 2 Faccrurrozi, Cabang Bahasa Inggris Juara 1 Nurul Fatimah Yusri, Juara 2 Dienul Aina Ab dan Harapan 1 Jasandro Ariel sedangkan untuk Cabang IPS berhasil meraih Juara 3 Ridwan Efendi. Siswa/wi SMP 5 Batusangkar di dampingi oleh Lofmifo Yusmirna, S.Pd guru Bahasa Inggris SMP 5 Batusangkar.

LOMBA MSQ TINGKAT SMP DI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB

Masih pada bulan Februari, SMP 5 Batusangkar selain unggul pada bidang akademis juga unggul pada bidang Non Akademis, hal ini dibuktikan dengan di raih nya Juara 2 MSQ (Rhedo Prima Nanda, M.Aqib dan Nabil Muhammad Shani) pada lomba MSQ tk SMP Pondok Pesantren Sumatera Thawalib dan juga lomba Tahfizh yang diikuti oleh Fatyah Arafa Afsa dan M. Reihan Refdian yang di dampingi oleh Meshendrizal,S.Pd.

Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
Pendidikan Online

bse

BSE Depdiknas

edu

Edukasi Online

artipend

Artikel Pendidikan

Web Admin

EMAIL

Email SMP

ADMIN

Admin Website

Waktu Anda
Informasi Link

nisn

nuptk

lunas

sertifikasi-guru