Get a free hosting or choose from the Best Web Hosting service
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
*** Selamat Datang Di Website SMP Negeri 5 Batusangkar ***           *** Sekolah Dengan Program Layanan Keunggulan ***
Kepala Sekolah

Kepala Sekolah Periode 2015 s/d Sekarang

Drs. HADMADI SUCIPTA, M.Pd

Kepala Sekolah Periode 2007s/d 2015

Drs. ASRUL

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday912
mod_vvisit_counterYesterday127
mod_vvisit_counterThis week2134
mod_vvisit_counterLast week1806
mod_vvisit_counterThis month5438
mod_vvisit_counterLast month15381
mod_vvisit_counterAll days1750619

We have: 52 guests online
Your IP: 54.166.203.76
 , 
Today: Oct 18, 2017
KEJUARAAN SEPAK BOLA PELAJAR 2013


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module
Kegiatan di Labschool Kebayoran Jakarta


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module
Story Telling "Batu Tangkuluk


Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

PENINGKATAN NUTRISI GURU

PENINGKATAN NUTRISI GURU

YUSRIJAL DT. MAKHUDUN

(GURU SMPN 5 BATUSANGKAR)

       Makanan sangat penting bagi pertumbuhan  seseorang.  Pertumbuhan seseorang akan optimal bila asupan makanannya bergizi dan seimbang. Seseorang akan tumbuh dengan fisik yang sempurna, dan menarik. Efek lain adalah seseorang akan menjadi kuat, segar, dan bugar sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas.

      Makanan juga berpengaruh secara signifikan pada perkembangan seseorang. Perkembangan yang dimaksud meliputi perkembangan mental, intelektual, sosial, dan spiritual. Seseorang akan mampu berpikir dengan baik bila makanan yang diasupnya bernilai gizi yang tinggi. Otak kita juga membutuhkan energi yang tidak kalah pentingnya dengan kebutuhan energi bagi fisik. Karena itu, kebutuhan nutrisi atau makanan sangat urgen bagi perkembangan dan pertummbuan seseorang. Dengan gizi yang seimbang, seseorang akan mampu berkembangan secara maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

      Guru juga membutuhkan nutrisi dalam menjalankan aktvitasnya. Nutrisi untuk kebutuhan fisik sudah merupakan suatu keharusan. Tidak mungkin guru akan mampu melaksanakan aktvitas fisik, bila tidak didukung oleh makanan yang sehat dan bergizi. Para guru yang mengajar tujuh sampai sepuluh jam sehari jelas membutuhkan energi yang banyak.

        Guru tidak hanya membutuhkan nutrisi  yang bersifat fisik semata. Guru juga membutuhkan nutrisi yang bersifat nonfisik. Nutrisi yang nonfisik tersebut meliputi motivasi, kemauan, pengetahuan, keterampilan, komitmen dan  integritas. Nutrisi tersebut membuat  guru mampu menjaga performanya di depan peserta didiknya. Nutrisi tersebut membuat guru memiliki hati yang kuat untuk melaksanakan tugasnya. Lebih dari itu, guru akan memiliki semangat untuk berubah dalam rangka meningkatkan profesionalismenya di masa datang.

         Peningkatan motivasi dalam bertugas merupakan hal yang sangat penting bagi kelancaran dan kesuksesan tugas guru. Motivasi merupakan daya gerak bagi untuk melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Motivasi guru dalam bertugas jangan hanya sebatas finansial belaka, seperti gaji, dan tunjangan. Sudah saatnya guru menambah motivasinya di luar finansial, seperti  bertugas dijadikan sebagai panggilan jiwa, pengabdian, dedikasi, dan ibadah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

         Dalam diri guru perlu adanya kemauan  untuk berbuat. Guru akan menemukan banyak alternatif dan jalan untuk mengatasi berbagai persoalan dalam melaksanakan tugasnya.  Tanpa kemauan yang kuat, semuanya akan mati. Karena itu, kemauan perlu ditumbuhkan. Tidak hanya berbuat sekadarnya, tetapi hendaklah ditumbuhkan untuk berbuat lebih melampaui rutinitas. Bertugas tidak hanya dipandang sebagai rutinitas belaka, tetapi memiliki nilai plus. Melakukan pelayanan terbaik sesuai dengan standar pelayanan minimal,  sudah mesti dilakukan.

        Pengetahuan bersifat dinamis sesuai perkembangan kehidupan manusia. Pengetahuan selalu berkembang mengikuti irama kemajuan masyarakat. Sebagai kaum intelektual, guru tidak boleh ketinggalan dalam hal penguasaan pengetahuan. Guru harus mampu memutakhirkan pengetahuannya. Dengan pengetahuan terbaru, guru mampu membimbing peserta didik untuk menjangkau  masa depannya. Selain itu,  guru  akan mampu mengikuti fenomena dan  perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat.

        Peningkatan kompetensi guru sangat penting menuju guru professional. Hal itu  tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kompetensi yang diharapkan bukan  bersifat parsial, tetapi bersifat komprehensif. Guru yang profesioanal selalu mengasah kompetensinya hingga tajam. Penjamanan kompetensi tersebut sangat berpengaruh terhadap kekuatan guru dalam meningkatkan kinerjanya.  Berpikir lebih maju dan memiliki mind set yang progresif membuat guru mampu melakukan pelayanan yang terbaik.

        Masih banyak guru yang terbelenggu dalam rutinitas. Akibatnya, pelaksanaan pembelajaran masih bersifat apa adanya, bahkan kadang-kadang tanpa persiapan yang memadai.  Padahal pelaksanaaan tugas hendaklah bernilai plus. Nilai tambah tersebut, seperti menyenangkan, bermakna dan bermanfaat. Bertugas tidak hanya sebagai  kewajiban tetapi juga bernilai ibadah, didasari panggilan jiwa, dan bukan sekadar gugur kewajiban.

         Komitmen guru untuk berubah sangat penting. Guru jangan hanya jalan di tempat, apalagi mundur, tetapi terus maju. Guru sebagai agen perubahan haruslah memulai perubahan tersebut dari dirinya sendiri. Mustahil seorang guru melakukan perubahan bila dia sendiri tidak mau berubah.

         Kapasitas yang dimiliki guru perlu dibingkai dengan integritas yang kuat. Integritas adalah konsitensi dan keteguhaan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai luhur dan keyakinan. Kompetensi guru bernilai  bila menjunjung tinggi integritas. Memudarnya integritas, guru hanya seperti buih di lautan, tidak memiliki daya. Tanpa integritas, pamor guru meredup, lalu menghilang.

Last Updated (Saturday, 18 March 2017 03:43)

 
Info Terbaru
HASIL LOMBA SEMARAK MUHARRAN XI

Alhamdulillah even Akbar yang diselenggarakan oleh OSIS SMP 5 Batusangkar dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah 1439 H /2017 ini berjalan dengan lancar dan sukses, berkat dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Ucapan terima kasih yang dalam untuk semua pihak yang terlibat terutama para donatur tanpa disebutkan namanya satu persatu, yang telah membantu terselenggaranya even ini.

Dan juga pada para peserta yang begitu antusias mengikuti acara ini, terbukti dengan meningkatnya jumlah peserta dari tahun ke tahun .Lomba cerdas cermat  tingkat SD/MI Se-Sumatera Barat berjumlah 64 group, Nasyid Tingkat SMP/MTs Se-Sumatera Barat 42 Group , Story Telling Tingkat SMP/MTs sebanyak 59 orang dan Tahfiz 96 orang  , walaupun ditengah hujan lebat, namun acara tetap berjalan dengan lancar. Berikut daftar pemenang masing-masing lomba :

DAFTAR PEMENANG LOMBA CC, NASYID, STORY TELLING DAN TAHFIZ

FESTIVAL SEMARAK MUHARRAM KE-XI
SMP 5 Batusangkar kembali menggelar even Akbar yang selalu di adakan setiap tahun dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah 1439 H/2017 M dengan tema :

“ SEMARAK MUHARRAM MERUPAKAN WADAH PENGEMBANGAN POTENSI DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK YANG ISLAMI , seperti tahun -tahun sebelumnya even ini menggelar 4 jenis perlombaan yaitu LCC, Nasyid, Storry Telling dan Tahfiz.

Peserta LCC terdiri dari SD dan MI yang berasal dari sekolah dalam kabupaten Tanah datar dan luar kabupaten Tanah Datar yang diundang oleh Panitia, bekerjasama dengan UPT Dinas Pendidikan.

Peserta Nasyid, Story Telling, Tahfiz Tingkat SMP / MTs Se-Sumatera Barat berjumlah  45 Group berasal dari sekolah-sekolah di Sumatera Barat yang diundang oleh Panitia.

Kegiatan ini insyaallah akan diselenggarakan pada

Hari           :  Kamis, Jumat dan Sabtu

Tanggal      :  28 s.s 30 september 2017/ 8 s.d 10 muharram

Tempat      :  SMP Negeri 5 Batusangkar, Komplek Pendidikan Bukit Gombak.

Pendaftaran di mulai dari tanggal 4 September s/d 29 September 2017

Ayooo Buruan mendaftar,,,,,,!!!!

KETENTUAN LOMBA

LAGU NASYID

TAHUN INI SMP 5 BATUSANGKAR KEMBALI MEWAKILIPROPINSI SUMATERA BARAT KE TINGKAT NASIONAL

JUARA_I_LCC  JUARA_I_TAHFIZH

Penyerahan Piala Juara I LCC dan Tahfizh Pentas PAI Tahun 2017 kepada Kepala SMP 5 Batusangkar Drs. Hadmadi Sucipta, M.Pd

25/07/17 dilaksanakan kegiatan lomba Pentas PAI Tingkat Propinsi Sumatera Barat di Hotel Bunda, Jl Bundo Kanduang Padang. SMP 5 Batusangkar mewakili Kontingen Tanah Datar untuk seluruh cabang tingkat SMP, yaitu cabang MTQ (pa) atas nama Nabil Muhammad syani siswa kelas 7, dan (pi) Fathiyyah Arafah Afsya siswa kelas 9. Cabang LPP (pa)Muhammad Aqil Amri dan (pi) Dina Bastari Rahim siswa kelas 9. Cabang MHQ (pa) Raihan Refdian dan (pi) Ummul Hakimi siswa kelas 9, sedangkan untuk LCC Gita Oktensia Sandeni, Rahma Amalia dan Rahmi Afdelina ketiganya siswa kelas 9.

Setelah melalui TC untuk persiapan kegiatan tersebut yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kab. Tanah Datar Kamis/13/07/17 lalu Siswa SMP 5 Batusangkar terpilih mewakili Kontingen Tanah Datar ke tingkat Propinsi Sumatera Barat untuk tahun 2017.

Alhamdulillah berkat perjuangan dan kerja keras siswa/wi serta bimbingan dari guru dan Kepala Sekolah dan tidak kalah pentingnya dukungan penuh dari orang tua, SMP 5 Batusangkar berhasil menuju Tingkat Nasional mewakili Propinsi Sumatera Barat untuk Cabang LCC dan MHQ Putri atas nama Ummul Hakimi yaitu siswa yang juga baru kembali dari tingkat Nasional Padang cabang OSN IPA pada bulan Mei lalu di Pekan Baru, dan siswa ini juga pemenang Pentas PAI tahun 2016 lalu. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan karena tahun ini Ummul Hakimi kembali mewakili Propinsi Sumatera Barat ke tingkat Nasional semoga berhasil...!!!

UMMUL HAKIMI LOLOS OSN IPA KE TINGKAT NASIONAL

ummu_hakimiRabu,24/05/17, SMP 5 Batusangkar mendapatkan berita gembira, dari 3 cabang OSN yang di ikuti di Padang tanggal 13 Mei 2017 kemaren salah satu nya lolos ke Tingkat Nasional yaitu cabang IPA atas nama Ummul Hakimi siswa kelas 8.3  anak kandung dari guru Pendidikan Agama Islam di SMP 5 Batusangkar yaitu putri dari Zulhermi, S.Ag. Ummul hakimi juga merupakan pemenang lomba Pentas PAIS tahun 2016 lalu, juara 1 lomba Tahfizh tingkat Propinsi dan Juara II lomba IPA tingkat Propinsi di SMA 3 Batusangkar.

Dan kali ini Ummul Hakimi berhasil lolos seleksi untuk OSN IPA ke tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Pekan Baru pada bulan Agustus mendatang, setelah mengikuti pelatihan di Padang selama satu minggu. Berkat usaha dan kerja keras serta bimbingan dari guru mata pelajaran Dra. Desnimar dan Erismen Umar, S.Pd dan dukungan penuh dari Kepala Sekolah, Komite dan orang tua semoga Ummul Hakimi mampu bersaing di tingkat Nasional dan memperoleh hasil yang sangat memuaskan dan membawa harum nama SMP Negeri 5 Batusangkar.

MEWARISKAN SIM UNTUK ANAK

YUSRIJAL DT. MAKHUDUN  

(GURU SMPN 5 BATUSANGKAR)

Ketika menanam bawang, banyak tantangan yang dihadapi seorang petani. Musim kemarau  menyebab persediaan air berkurang sehingga  tanah menjadi kering kerontang. Kabut yang menyelimuti ladang  pada pagi hari merupakan sesuatu yang mencemaskan. Akibatnya, daun menjadi busuk dan layu. Buah yang bernas semakin  jauh dari yang diharapkan.

Menyikapi hal itu, sang petani berusaha untuk mengatasinya dengan berbagai upaya secara maksimal. Setiap kali kabut muncul di pagi hari, sang petani langsung terjun ke ladang untuk menyemprot tanamannya. Bila air mulai berkurang, petani berusaha mencukupi airnya. Tak kalah pentingnya  adalah pemupukan dan pemeliharaan dari  gangguan hewan di sekilarnya. Hal itu dimotivasi oleh adanya secercah harapan di masa datang. Bawang yang subur berbuah bernas, besar dan ranum, itulah harapannya.

Seperti fenomena di atas, orang tua juga memiliki tantangan yang tidak  ringan dalam mendidik anak-anaknya. Fenomena perilaku masyarakat telah terkontaminasi, tayangan televisi yang tidak mendidik merupakan kerikil-kerikil tajam dalam mendidik anaknya. Hal itu ditambah lagi dengan kemampuan orang dalam memahami perkembangan dan keinginan anak yang masih rendah. Akan tetapi, tantangan tersebut harus dihadapi sehingga perjalanan mendidik anak berjalan dengan mulus.

Seberat apapun tantangan, usaha mendidik anak harus dijalankan karena sudah merupakan tanggung jawab utama orang tua. Karena itu, para orang tua hendaklah memahami tanggung jawabnya secara komprehensif. Tanggung jawab orang tua tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan, pakaian, dan perumahan, serta kesehatan anaknya. Lebih dari itu, orang tua  juga bertanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya yang meliputi spritualitas, intelektualitas, dan moralitas anak.

Mewariskan nilai-nilai sprituallitas merupakan hal yang utama yang harus dilakukan orang tua. Speritualitas adalah kenyakinan dalam hubungannya dengan sang pencipta (Achir Yani, 2000). Kebutuhan spritualitas bertujuan untuk mempertahankan atau mengembalikan keyakinan dan memenuhi kewajiban agama, serta kebutuhan untuk mendapatkan maaf dan pengampunan, mencintai, menjalin hubungan penih rasa percaya dengan Tuhan (Carson, 1989).

Penanaman keyakinan beragama kepada anak harus ditanamkan sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan. Penanaman itu berakibat positif terhadap perkembangan jiwa anak. Anak akan memiliki rasa agama dan kepedulian terhadap agamanya. Penanaman nilai aqidah dan pelatihan ibadah merupakan hal yang urgen bagi anak.  Anak akan memiliki kekuatan dan keteguhan rohani yang dahsyat dalam menyikapi problematika kehidupan.

Kelak anak akan menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupannya, apalagi dalam era kompetitif. Karena itu, anak perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Berbekal pengetahuan yang dimilikinya, anak akan mampu menghadapi berbagai persoalan. Dengan keterampilan khusus,  anak akan mampu hidup dan mempertahankan kehidupannya. Berbekal keterampilan anak akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti pangan, pakaian, perumahan, dan sebagainya. Karena itu, anak-anak kita hendaklah dibekali dengan nilai intelektualitas  berbarengan profesionalitas (life skill) yang dapat dibanggakan.

Seperti kita, anak-anak juga tidak bisa hidup sendiri. Anak-anak  membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupannya. Anak-anak senantiasa dilatih bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga mampu merasakan bahwa mereka merupakan bagian dari lingkungannya.  Sebagai orang tua kita berkewajiban mewariskan sifat-sifat rasulullah, seperti sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Nilai moralitas yang dimilikinya mampu menjadi pengendali bagi anak baik dalam berpikir, berbicara, maupun dalam bertingkah laku.  Moralitas yang dimiliki anak memungkinkan anak mampu menyesuiaikan diri  dengan masyarakat di lingkungannya. Moralitas yang terpuji membuat anak disukai dan dijadikan panutan oleh lingkungannya. Anak akan diterima  dengan tangan terbuka oleh lingkungan dimana dia berada.

Begitu pentingnya ketiga aspek di atas, sudah seharusnya orang tua mewariskan nilai-nilai  tersebut kepada anak-anaknya.  Dengan spritualitas yang memadai, anak akan tetap berada pada koridor kebenaran dan mampu menjalankan syariat agama dengan baik. Dengan intelektulitas dan profesionallitasnya, anak-anak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya baik fisik maupun nonfisik. Berbekal moralitas, anak-anak akan selalu berbuat yang terpuji dan mulia, serta berakhlkul karimah.

Penanaman dan pewarisan nilai SIM (Spritualitas, Intelektualitas,  Moralitas)  tersebut membutuhkan kesadaran yang tinggi dan komitmen yang kuat dari orang tua. Tidak kalah pentingnya, orang juga hendaklah  memberikan motivasi dan keteladanan kepada anaknya sehingga pewarisan nilai-nilai tersebut tidak hanya sebatas angan. Teruslah menjadi teladan dan motivator bagi anak-anak kita! Semoga!

Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
  • An Majelis Guru & Staf
Pendidikan Online

bse

BSE Depdiknas

edu

Edukasi Online

artipend

Artikel Pendidikan

Web Admin

EMAIL

Email SMP

ADMIN

Admin Website

Waktu Anda
Informasi Link

nisn

nuptk

lunas

sertifikasi-guru